SHARE :

Alarm di Hari Guru #06

Terbit : 21 Januari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin

 

Setiap tanggal 25 November Hari Guru diperingati. Di hari itu juga bertepatan dengan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penetapan Hari Guru berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Hal ini sebagai penghormatan kepada guru.

 

Jauh sebelum Indonesia merdeka dan sebelum didirikannya organisasi PGRI, guru memang sudah ada. Mereka berjuang demi mencerdaskan anak bangsa, demi murid-muridnya merasakan kehidupan yang lebih baik darinya, dan demi murid-muridnya menjadi orang yang berpengaruh di ibu pertiwi ini.

 

Adanya Hari Guru Nasional sejatinya menjadi alarm atau pengingat berbagai pihak, terutama pemerintah. Hari Guru seharusnya membuat pemerintah lebih peduli dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Bukan hanya sekadar memperingati secara formalitas, tetapi action-nya di lapangan.

 

Mereka -pejabat pemerintah- berawal dari didikan guru. Seharusnya mereka sadar akan hal itu dan mulai memikirkan nasib guru. Mereka telah diamanahkan untuk membuat kebijakan. Jangan sampai kebijakan itu malah mengerucutkan nasib guru.

 

Guru itu adalah pahlawan. Tanpa guru takkan ada presiden, gubernur, bupati, konglomerat, akademisi, peneliti, dan lain sebagainya. Bisa jadi tanpa guru Indonesia belum tentu merdeka.

 

Hari Guru juga sejatinya menjadi semangat para guru dalam mendidik anak bangsa. Menjadi motivasi dalam melahirkan generasi yang unggul dan berkualitas. Tentunya semangat itu bersamaan dengan m ditingkatkannya kesejahteraan guru.

 

Setiap guru memiliki karakteristik yang berbeda dalam mengajar dan mendidiknya. Ketika marah dan menghukum karena tidak mengerjakan PR atau tidak disiplin bukan berarti guru itu benci dan tidak suka pada muridnya. Justru guru itu sayang pada muridnya agar muridnya bisa menjadi pribadi yang diharapkan di masa depan.

 

Sangat disayangkan jika guru bertindak tegas demi kebaikan murid lalu dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Kemudian guru berada di balik jeruji besi. Pantaskah seorang murid memperlakukan ini?

 

Menurut saya sangat tidak pantas. Padahal apa yang dilakukan guru itu demi kebaikan dan masa depan muridnya. Sejatinya orang tua mendukung. Oh iya, beda ya kalau kasusnya sudah melebihi batas dan melanggar norma.

 

Guru akan ada dan tetap ada sepanjang masa. Semoga pemerintah selalu memperhatikan kesejahteraan guru sehingga menjadikannya semangat dalam mencetak generasi bangsa yang unggul dan berkualitas.

 

Selamat Hari Guru 2020. Bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajer. Hidup guru Indonesia.

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar