SHARE :

Cara Mengenal Diri dengan 3S

Terbit : 11 April 2020 / Kategori : For Book MHT / Motivasi / Komentar : 0 komentar / Author : admin
Sebelumnya kita telah membahas pentingnya mengenal diri. Kali ini kita bahas tentang cara mengenal diri kita.
Pada dasarnya kita mempunyai cara tersendiri untuk mengenal diri kita. Boleh saja menggunakan cara masing-masing. Namun, cara yang dibahas pada kali ini adalah cara umum yang bisa dicoba di kehidupan setiap orang. Cara ini dengan 3S, yakni self analysis, self monitoring, dan self disclouser.

1. Self Analysis

Self analysis atau dikenal introspeksi diri adalah cara umum yang sering dilakukan. Cara ini membuat kita paham tentang diri kita. Bahkan, dengan introspeksi diri kita bisa mengetahui apakah kita salah atau tidak.
Introspeksi diri membuat kita lebih banyak memaknai tentang diri kita. Melalui introspeksi diri kita bisa paham tentang diri kita siapa sebenarnya. Terkadang kita masih belum bisa menyempatkan di sela-sela kesibukan kita untuk introspeksi diri. Introspeksi diri mudah, namun dijalankannya penuh hambatan.
Kita terlalu banyak mengomentari orang lain hingga lupa mengomentari diri kita sendiri. Ada pepatah mengatakan “Perbaikilah hidupmu sebelum memperbaiki orang lain”. Ya, kata-kata ini sangat sering diucapkan untuk mengingatkan kita. Kata-kata ini mengingatkan agar kita introspeksi diri, menilai diri kita sebelum menilai orang lain.

Baca juga

Introspeksi diri sangat penting kita lakukan. Coba kita sempatkan untuk melakukannya. Tidak usah lama-lama, sebentar saja sudah cukup. Asalkan dilakukannya dengan baik. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika kita introspeksi diri.
Introspeksi diri berarti mengevaluasi tentang diri. Apapun yang ada pada diri kita, kita evaluasi agar hal-hal yang dapat merugikan diri kita dan orang lain bisa diminimalisir. Ketika ada sikap atau perbuatan yang kurang tepat, kita perbaiki. Ketika kita berbuat salah, kita perbaiki dan tidak mengulanginya lagi.
Dikutip dari ruangguruku.com, ada 3 cara melakukan introspeksi diri, yakni memahami kelemahan pribadi, agenda introspeksi, dan proses menuju pribadi yang lebih baik.
Bagaiamana penjelasannya? Mari kita lanjutkan ditulisan berikutnya.
Semoga bermanfaat.
Salam sukses bersama
Bogor, 11 April 2020
Muhamad Husni Tamami

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar