SHARE :

Gebyar Nusantara #20

Terbit : 21 Januari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin

 

Gebyar Nusantara adalah festival budaya terbesar di IPB University. Ajang tahunan ini sangat ditunggu-tunggu oleh setiap omda (organisasi mahasiswa daerah) untuk menjadikan yang terbaik daerah asalnya.

 

Ajang tersebut memperlihatkan budaya-budaya nusantara dari berbagai daerah. Dari Sabang sampai Merauke menghiasi Gebyar Nusantara IPB University.

 

IPB University merupakan salah satu kampus yang memiliki mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Beragam bahasa, budaya, agama, suku, dan lainnya dapat kita temukan di kampus pertanian ini. Tidak salah jika kampus ini mendapat julukan “Miniatur Indonesia”.

 

Keberagamaan tersebut tidak menghalangi persatuan antar mahasiswa. IPB University selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan. Walau berbeda, tetapi tetap satu dan menjaga persatuan.

 

September akhir kegiatan ini resmi dibuka. Berbagai kegiatan dilakukan oleh panitia hingga November. Pada Ahad, 15 November 2020 malam merupakan penutupan festival budaya ini. Penutupan tersebut secara live di kanal YouTube IPB TV. Mahasiswa yang tinggal di daerahnya dapat menonton langsung puncak kegiatan budaya ini.

 

“Genus (Gebyar Nusantara) hadir sebagai wadah dan bentuk apresiasi kepada para mahasiswa IPB University untuk menunjukkan kebudayaan yang ada di daerah asalnya masing-masing,” kata Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S. P., M. Si. dalam keterangan tertulisnya kepada Antaranews, Senin (28/9/2020) lalu.

 


 

Pesona Indah Nusantara

 

Tahun ini Gebyar Nusantara mengusungtema “Pesona Indah Nusantara”. Di tahun ini juga merupakan sejarah baru bagi Gebyar Nusantara karena konsep kegiatannya secara daring. Sementara tahun lalu, mahasiswa dapat menikmati secara langsung di kampus tercinta. Mahasiswa pun dapat mendukung secara langsung di GWW saat pembukaan maupun penutupan.

 

Melansir dari Antaranews, Ketua Pelaksana Gebyar Nusantara 2020 Mutia Pangestu mengatakan, meski terhalang pandemi, kegiatan Gebyar Nusantara 2020 tetap dilaksanakan secara daring. Bahkan, antusias mahasiswa IPB University dalam melestarikan keberagaman budaya di Indonesia tergolong tinggi.

 

Menurut saya panitia pelaksana sudah sukses dalam menggelar festival budaya ini. Saya sebagai mahasiswa mengapresiasi seluruh kinerja panitia. Kontribusi baik melalui pikirannya, tenaganya, materinya, maupun lainnya semoga menjadi amal kebaikan.

 

Hal lain yang saya banggakan adalah sahabat saya Rimba Basuki menjadi MC di penutupan Genus 2020. Sebelumnya dia juga menjadi MC di Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) angkatan 57. Luar biasa dan tetap semangat. Semoga ini adalah langkah dia dalam memasuki dunia MC hingga bisa menjadi MC andalan IPB University.

 

Harapannya ajang ini dapat menjadi salah satu upaya melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Saya perhatikan peserta di Gebyar Nusantara ini memiliki inovasi yang luar biasa dalam melestarikan budaya. Mulai dari memanfaatkan teknologi masa kini hingga terjun ke masyarakat.

 

Sukses selalu untuk BEM KM IPB University dan seluruh mahasiswa IPB University. Selamat dan semangat.

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar