SHARE :

Pahlawanku Sepanjang Masa #13

Terbit : 21 Januari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin

 

Tujuh puluh lima tahun yang lalu telah terjadi pertempuran hebat antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda. Pertempuran yang mempertaruhkan nyawa demi Indonesia. Mereka berjuang agar anak cucunya tidak lagi merasakan hal sama yang dialaminya. Mereka ingin Indonesia merdeka seutuhnya, tanpa ada lagi yang menjajah tanah air tercinta.

 

Peristiwa tersebut terjadi setelah 3 bulan Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Ya, peristiwa itu terjadi pada 10 November 1945 yang kemudian menjadi dasar sejarah diperingatinya Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November.

 

Empat belas tahun setelah peristiwa itu, Ir. Soekarno membuat Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Keputusan yang ditandatangani oleh Soekarno itu di dalamnya memuat Hari Pahlawan. Hingga kini setiap 10 November sebagai Hari Pahlawan selalu diperingati.

 

Hari Pahlawan 2020 mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tema ini sebagai pengingat kita kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban serta rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sudah sepatutnya kita mengenang para pahlawan. Bukan hanya sekadar setiap Hari Pahlawan saja, melainkan setiap hari kita harus mengingat perjuangan dan jasa para pahlawan sebagai wujud motivasi kepada kita untuk terus berkarya dan berinovasi pada tanah air ini.

 

Dulu para pahlawan berjuang melawan penjajah. Sejatinya perjuangan itu belum selesai. Kitalah yang menjadi pemegang estafet perjuangan itu. Kita yang menjadi tanggung jawab Indonesia hari ini dan hari-hari berikutnya.

Sejatinya kita meneladani perilaku positif yang dicerminkan oleh para pahlawan. Banyak pahlawan yang selalu menonjolkan akhlak mulianya, kecerdasannya, kepatriotannya, dan hal-hal positif lainnya.

 

Momentum Hari Pahlawan menjadi pengingat kita sebagai bagian dari Indonesia untuk tetap mempertahankan kedaulatan Indonesia di masa kini dan memberikan sumbangsih positif untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang dengan potensi yang kita miliki.

 

Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2020. Pahlawanku Sepanjang Masa.

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar