SHARE :

Satu Asrama dengan Mahasiswa dari Berbagai Sudut Negeri #21

Terbit : 21 Januari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin

 

Memasuki tingkat 1, IPB University mewajibkan setiap mahasiswanya untuk tinggal di asrama selama 2 semester. Namun, akibat pandemi Covid-19 angkatan saya (Andamaru Jayantara) hanya menikmati asrama 1 semester setengah. Setengah semesternya lagi di rumah. Tentu hal ini merupakan sejarah baru bagi Asrama PPKU IPB University.

 

 

Asrama PPKU

 

Asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB University merupakan hunian tingkat satu bagi mahasiswa IPB University. Terdapat 10 gedung asrama yang terdiri dari 5 asrama putra dan 5 asrama putri.

Asrama ini memiliki moto Together To Be Better. Penghuninya sering disebut insan asrama. Berasal dari segala penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke dan dari Nias sampai Rote. Semuanya dikemas dalam bingkai kebhinekaan.

 

Di asrama tingkat satu ini tidak perlu keliling Indonesia untuk mengenal nusantara, karena di sini bisa mengenal nusantara melalui mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Di sini juga bisa mengetahui berbagai suku, bahasa, agama, ras, dan budaya di seluruh Indonesia. Kalau saya ada keinginan untuk keliling Indonesia untuk memperdalam lagi keragaman di tanah air tercinta ini. Doakan ya.

 

Walaupun di Asrama PPKU IPB dari berbagai daerah, toleransi dan persatuan tetap terjaga. Semboyan Bhineka Tunggal Ika selalu diimplementasikan dalam setiap saat. Perbedaan bukan menjadi penghalang keharmonisan. Jiwa-jiwa Pancasila selalu tertanam pada setiap insan asrama. Semangat membangun bangsa juga tak pernah padam ada pada diri insan asrama. Pokoknya banyak hal yang didapatkan di Asrama PPKU IPB ini.

 

 

Kegiatan Asrama

 

Dalam setiap bulannya, Asrama PPKU IPB selalu ada kegiatan. Mulai dari sosialisasi gedung (sodung), sosialisasi lorong (solong), sapa lorong (salong), hari bersih asrama (HBA), apel pagi, be spirit lorong, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Ada yang sering ditunggu-tunggu insan asrama, yaitu makan gratis dari ibu-ibu Agrianita. Kegiatan-kegiatan tersebut dikelola oleh Dewan Gedung Asrama dalam bimbingan Senior Residence.

 

Asrama mengajarkan mahasiswa untuk mandiri, tanggung jawab, toleransi, kerja sama, tolong menolong, dan hal-hal positif lainnya yang secara tersirat dapat dirasakan oleh setiap insan asrama. Banyak manfaat yang dari asrama ini, salah satunya dapat meningkatkan motivasi ibadah dan belajar. Tidak jarang insan asrama merasa motivasi ibadah dan belajarnya terus meningkat. Sebagai contoh untuk yang motivasi belajar, ketika ada insan asrama yang malas belajar, lalu sekamar dengan yang rajin belajar. Nah, yang malas ini merasa termotivasi untuk giat belajar. Temannya yang rajin itu juga memberikan motivasi untuk sama-sama belajar. Ini adalah salah satu contoh dari banyaknya hal-hal positif menjadi insan asrama.

 

 

Satu Semester Setengah

 

Satu semester setengah saya satu asrama dengan mahasiswa dari berbagai sudut negeri dan merasakan manfaat-manfaatnya. Di asrama merasa nyaman dan dapat berdiskusi banyak tentang hal-hal positif. Selain itu, saya juga bisa bertemu dengan calon generasi bangsa yang akan membawa perubahan besar untuk kemajuan Indonesia dari seluruh penjuru negeri. Kemudian bisa menjalin silaturahmi dan relasi baru, berbagi pengalaman, saling motivasi, saling memberi semangat belajar, dan bisa mengenal banyak hal tentang nusantara melaui obrolan-obrolan dengan insan asrama lainnya.

 

Terima kasih teman-teman di Asrama PPKU IPB. Walaupun kita tidak full di asrama, setidaknya kita pernah merasakan asrama. Semoga kita bisa menjadi orang yang bermanfaat, sukses dunia akhirat, dan menjadi generasi harapan bangsa di negeri Indonesia.

 

Asrama PPKU hanya untuk mahasiswa tingkat 1. Sementara mahasiswa tingkat 2 dan seterusnya bisa indekos, mengontrak, atau asrama lagi. Kalau asrama lagi ada beberapa alternatif. Contohnya Asrama Kepemimpinan dan Pejuang Pertanian (putra dan putri), Rumah Kepemimpinan (putra), dan Pondok Inspirasi (putra dan putri). Itu yang saya tahu. Kemungkinan masih ada hunian-hunian beasiswa lagi yang dapat menjadi alternatif tinggal selama kuliah di IPB.

 

Semangat dan terus semangat untuk menjadi generasi penerus dan pelurus bangsa.


 

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar