SHARE :

Tanpamu (Mungkin) Kami Tak di Sini #72

Terbit : 22 Februari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin
Tanpamu (Mungkin) Kami Tak di Sini #72

Hari ini kepanduan-kepanduan di dunia memperingati hari pendiri kepanduan, Baden Powell. Ia dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia yang lahir pada 22 Februari 1857. Kini ia peringatan ke- 164 tahun kelahirannya.

Bagi anggota Pramuka di Indonesia, keberadaan seorang Baden Powell sangatlah membuat peradaban baru. Mungkin tanpa adanya Baden Powell tak ada kita di sini (Pramuka), tak ada kepanduan-kepanduan di setiap negara.

Jasanya dalam kepanduan tak bisa dihitung secara angka. Ia berjuang demi suatu peradaban. Kini kepanduan sudah ada di berbagai negara di belahan dunia. Buktinya lihat saja di jambore dunia. Di sana anggota kepanduan di seluruh dunia berkumpul. Terakhir pada tahun 2019 di The Summit Bechtel Family National Scout Reserve, West Virginia, Amerika Serikat. Jambore Dunia XXIV itu mengusung tema “Unlock a New World”.

Ada kata mutiara yang menarik dan inspiratif dari Baden Powe menurut saya, A Scout is never taken by surprise, he knows exactly what to do when anything unexpected happens. Artinya adalah Seorang Pramuka tidak pernah terkejut, dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi.

Pramuka memang dituntut untuk siap sedia seperti moto Pramuka Garuda “Setia, Siap, Sedia”. Saya sendiri merasakan banyak manfaat dari Pramuka atau dulu dikenal kepanduan. Kehidupan di alam terbuka sudah pernah saya rasakan bagaimana kenikmatannya, kekeluargaannya, dan lain sebagainya.

Setiap bentakan membuat saya terbentuk menjadi seorang Pramuka sejati. Pendidikan disiplin membuat saya belajar bahwa hidup itu bukan leha-leha. Namun, hingga saat ini pembelajaran itu masih dalam proses.

Kini Pramuka di Indonesia menjadi organisasi yang masuk ke dalam kurikulum pendidikan. Bukti bahwa Gerakan Pramuka diberikan amanah untuk membangun keterampilan, perilaku, budi pekerti, hingga tatakrama. Sekarang dari Pramuka juga bisa masuk ke perguruan tinggi negeri seperti IPB University.

Selamat Hari Baden Powell ke- 164. Semoga kita selaku anggota Pramuka dapat mencerminkan jiwa-jiwa Baden Powell dalam kehidupan sehari-hari.

Bogor, 22 Februari 2021
MHT

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar