SHARE :

Young Agripreneur Camp Batch 7 Part 4 #33

Terbit : 21 Januari 2021 / Kategori : Catatan MHT / Komentar : 0 komentar / Author : admin

 

Tiba di hari puncak kegiatan Young Agripreneur Camp Batch 7. Alhamdulillah saya bisa mencatatnya melalui tulisan ini. Young Sebelum berbagi kegiatan YAC di hari terakhir ini saya mengucapkan terima kasih telah mengikuti kegiatan YAC melalui tulisan saya. Semoga bermanfaat.

 

 

YAC Hari Terakhir

 

YAC hari terakhir. Kami dipertemukan dengan sosok inovator IPB University. Namanya Pak Tjahja Muhandri. Ia merupakan dosen ITP IPB University. Membahas soal teknologi tepat guna sebagai salah satu kelebihan produksi pertanian membuat kami mendapat insight baru dari sudut yang berbeda. Dan itu memang suatu kenyataan di lapangan.

 

Katanya, teknologi tepat guna sangat perlu. Hal ini untuk membuat lebih awet, meningkatkan nilai tambah, dan menyejahterakan petani. Tepat guna berarti tepat kapasitas, tepat tipe dan jenis alat, tepat kebutuhan energi, dan tepat pengelola. Selain bahas teknologi tepat guna, ia juga membahas soal inovasi, pembuatan sambal, dan pembuatan saos.

 

Praktik dari materi Pak Tjahjo adalah membuat sambal dan dan saos. Ia memberikan list bahan-bahan untuk pembuatan ini. Jujur saja, saya adalah orang yang kurang suka dengan saos dan sambal, tapi membuatnya suka. Hehe… Makanya ketika kegiatan terakhir ini saya nikmati saja. Karena ini adalah ilmu yang belum tentu akan kami temukan di kesempatan lain.

 

Setelah pembuatan saos dan sambal hingga dikemas dalam bentuk botol, kami mempresentasikan materi maupun hasil praktik. Dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu pertanian, perikanan, dan peternakan. Kelompok saya kebagian perikanan.

 

Peserta Young Agripreneur Camp Batch 7 ini sangat aktif. Mereka memiliki antusiasme yang tinggi. Berani mencoba dan praktik langsung di lapangan.

 

Di penutupan, Asisten Direktur Pengembangan Karir menyebut bahwa kegiatan jni adalah pengenalan awal menjadi seorang entrepreneur di bidang pertanian. Kata Pak Handian, menjadi seorang agripreneur tidak mudah, tapi tidak juga mustahil.

 

Ketua Yayasan Jami’yyatul Hidayah juga kembali mengingatkan tentang mimpi. “Ketika kira bangun dari tidur ada dua pilihan, melanjutkan mimpi (tidur lagi) atau merealisasikan mimpi (berjuang).”

 

Terima kasih IPB University dan Yayasan Jami’yyatul Hidayah juga kepada para narasumber yang telah memberikan insight baru kepada kami. Semoga kami dapat menjadi manusia yang diharapkan. Selamat dan sukses selalu untuk peserta Young Agripreneur Camp Batch 7.

Berita Lainnya

Marhaban Ya Ramadhan
13 April 2021
Marhaban Ya Ramadhan
Author : admin
Juru Parkir Berhati Mulia #84
11 April 2021
Juru Parkir Berhati Mulia #84
Author : admin
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
10 April 2021
Ekspedisi Mini Kampus IPB #83
Author : admin
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
10 April 2021
Teruntuk Peserta SNMPTN #82
Author : admin
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
10 April 2021
Mengunjungi Telaga Inspirasi #81
Author : admin


Tinggalkan Komentar